Sapu Jalan, Budaya Menjaga Kebersihan Lingkungan

  • Sep 18, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara- Jiwa gotong royong warga Desa Bojanegara RT 02 RW 01 selalu terjaga, terbukti dari kegiatan menyapu jalan secara rutin yang dilaksanakan setiap hari minggu pagi. Para ibu dengan membawa alat tempurnya berupa sapu dan pengki, mereka membersihkan sepanjang jalan RT, membersihkan parit, tidak lupa memungut sampah yang berserakan. Partisipasi aktif warga membuktikan bahwa dengan kesadaran dan kerja sama yang baik, kita bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Meskipun banyak kemajuan yang dicapai, warga terus mempertahankan kegiatan rutin ini, bahkan bisa dikatakan kegiatan sapu jalan sudah menjadi budaya yang melekat di Desa Bojanegara. Warga merasakan sendiri manfaat dari kegiatan sapu jalan, di antaranya jalan desa terasa lebih bersih, juga udara segar dan lingkungan yang lebih sehat. Harapannya warga semakin peka terhadap kebersihan lingkungan dan bisa menjaga keasrian lingkungan sekitar.

“Alhamdulilah dari dulu kegiatan selalu rutin dilakukan, meskipun sekarang dunia sudah serba digital, tapi kita harus tetap perhatian kepada lingkungan, jangan sampai kita lengah dan mengabaikan kebersihan lingkungan. Kalau lingkungan yang kita tempati bersih kan beraktivitas juga nyaman dan bikin betah,” ujar Ibu Hartinem salah satu warga yang rutin mengikuti kegiatan sapu jalan.