Menghadapi Tantangan Zaman Strategi Pembinaan Keluarga untuk Remaja Milenial

  • Jul 05, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara- anggota Bina Keluarga Remaja (BKR) dusun Sidomulyo, desa Prigi, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Bersama Rumah Zakat melaksanakan kegiatan pembinaan kepada orang tua yang memiliki anak remaja dengan usia 12-19tahun. Dalam kegiatan ini juga didampingi perwakilan dari tim BKR kecamatan Sigaluh.

Mengawali kegiatan dengan yel-yel BKR, semakin menambah keceriaan dan semangat dari peserta kegiatan, sehingga dalam acara lanjutan yaitu pengisian materi, peserta focus mendengarkan, sehingga materi yang disampaikan dapat ditangkap dengan jelas. Pertemuan ini membahas pola asuh remaja di era digital.

Dalam materi yang disampaikan, ibu Iin sebagai narasumber menyebutkan bahwa yang lebih menyeramkan dari lingkungan pertemanan yaitu teknologi, dalam masa saat ini orang tua harus lebih melek terhadap tekhnologi, jangan sampai anak menggunakan tekkhnologi untuk hal-halyang merugikan, sebaliknya orang tua harus bisa membersamai anak mereka dalam menggunakan tekhnologi sehingga tekhnologi ini bisa membawaa dampak yang baik, bukan hanya diri seendiri tetapi juga untuk orang sekitar.

Dalam sesi akhir pertemuan, peserta kegiatan diajak memainkan permainan. Cara bermain dalam permainan ini mirip dengan permainan monopli, hanya saja isi dalam permainan ini berhubungan dengan pola asuh anak. Setiap peserta yang menjalankan permainan akan membacakan materi sesuai dengan titik dimana pemain berhenti sesuai nomor yang mereka jalankan. Tidak hanya materi, dalam permainan terdapat juga pertanyaan dan hukuman yang bisa didapat peserta sesuai dengan titik dimana mereka berhenti.

Selain sebagai pengukur sejauh apa pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan, permainan ini juga sekaligus sebagai hiburan untuk peserta, sehingga mengurangi tingkat kebosanan mereka dalam berkegiatan.