Persiapan Menuju Dewasa dengan Posyandu Remaja

  • Jul 03, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara- Rumah Zakat membersamai kegiatan Posyandu Remaja Dusun Gribig Wetan, Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan yang diikuti sedikitnya 26 anak berusia 12-19 tahun ini dipandu kader posyandu dan juga bidan yang bertugas.

Kegiatan dibuka dengan rangkaian tes kesehatan mulai dari pengukuran berat badan, lingkar perut, cek tekanan darah, dan juga tes kadar gula dalam darah. Hal ini dilakukan guna memastikan peserta posyandu dalam keadaan sehat dan tidak mengalami gejala-gejala yang perlu tindakan serius.

Selesai cek kesehatan, peserta diajak untuk senam bersama, yang dipimpin oleh Ibu Araminta, selaku bagian promosi kesehatan Puskesmas Sigaluh 1. Dilanjutkan dengan pengisian materi dengan tema reproduksi, dalam hal ini narasumber mengenalkan perubahan organ reproduksi pada remaja, juga penyebutannya yg benar dan dianjurkan.

Beliau juga menegaskan usia minimal untuk menikah yaitu lelaki 25 tahun dan wanita 21 tahun, dimana organ reproduksi sudah benar benar siap digunakan. Selain itu juga perlu diperhatikan bahwa adanya sex sebelum menikah harus dihindari, banyak remaja yang lepas pengawasan orang tua sehingga terjerumus dalam lingkaran pertemanan yang kurang baik. perlu  kedekatan peserta posyandu dengan orang terdekat dan bagaimana lingkungan pertemanan mereka menjadi hal yang perlu diperhatikan. 

Dengan adanya posyandu ini diharapkan peserta bisa lebih mawas diri dalam lingkungan pertemanan dan meningkatnya kesadaran dalam menjaga diri supaya terhindar dari hal-hal yang bisa merusak masa depan.