Pentingnya Menjaga Keseimbangan Kesehatan Jasmani dan Rohani Mulai dari Diri Sendiri

  • Jul 29, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara – pembinaan Remaja menjadi slaah satu fokus penting dalam menciptakan generasi yang sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani. Untuk hal itu kader Kesehatan Bersama tim relawan Rumah Zakat Desa Bojanegara Kecamatan Sigaluh rutin menggelar pembinaaan yang terstruktur dan berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan remaja.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan remaja dalam menghadapi berbagai tantangan di masa transisi menuju dewasa. Perlunya bimbingan di masa ini dikarenakan pada masa ini, anak akan merasakan rasa ingin tahu yang lebih besar dari sebelumnya, jangan sampai anak mencoba sesuatu yang tidak seharusnya mereka coba. Selain dari orang tua, kader Kesehatan dan relawan Rumah Zakat berusaha menjadi pendamping remaja, supaya mereka tetap bisa berkemban tetapi tetap pada jalan yang benar.

Kesehatan fisik dan Kesehatan rohani sama-sama menjadi fokus utama dalam pembinaan ini. Dalam pembinaan petugas akan menyampaikan bagaimana pentingnya menjaga Kesehatan mental, pengelolaan stress, dan pentingnya dukungan sosial. Remaja akan diajarkan untuk menggali emosi mereka, bagaimana berkomunikasi dengan baiik, dan mencari bantuan ketika menghadapi masalah.

Petugas juga menyebutkan bahwa mendekatkan diri kepada Allah merupakan salah satu cara yang sangat penting dalam menjaga Kesehatan rohani. Dalam konteks ini Kesehatan rohani tidak hanya berkaitan dengan Kesehatan mental, tapi juga dengan kedamaian jiwa dan hubungan yang harmonis dengan sang pencipta. Dalam menjaga Kesehatan rohani ini bisa dilakukan dengan melaksanakan ibadah rutin seperti sholat lima waktu, membaca alquran dan berpuasa. Melalui cara ini diharapkan remaja mampu mendapatkan ketenangan batin dan kepuasan spiritual.