Mengisi Waktu Luang, Lebih Dekat Dengan Al-Qur'an

  • Jul 24, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara- Untuk memanfaatkan waktu di libur sekolah, santri TPQ Umar Al-Madinah yang ada di Dusun Gribig Kulon Desa Prigi, rutin membaca Al-Qur'an (tadarus). Terdiri dari santri putra dan putri umur 7-15 tahun, dan mereka merupakan santri aktif dan selalu mengikuti kegiatan keagamaan dengan baik.

Selain sebagai bentuk mengisi waktu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan menghindari perbuatan yang tidak diinginkan.
Kegiatan ini tentunya bisa menjadi inspirasi supaya anak-anak yang hanya mengisi waktu libur dengan bermain bisa memanfaatkan waktu dengan baik, dan mengisi waktu untuk kegiatan yang lebih bermakna. 

Banyak orang tua yang senang  karena anaknya mengikuti tadarus, dan berharap bisa lebih baik, dari pada liburannya digunakan untuk skroll media sosial, bermain maupun tidur. Dengan bertadarus, anak juga terlatih untuk rutin membaca Al-Quran dan semakin memperlancar bacaannya.

"Alhamdulilah dengan adanya kegiatan ini, anak bisa me manage waktu, bisa mengatur kapan waktu bermain, dan kapan waktunya untuk beribadah, anak juga tetap bisa menerapkan pola hidup disiplin, tidak hanya disekolah, tetapi juga di lingkungan tempat tinggal" ujar Thiya, salah satu pembimbing yang rutin mendampingi kegiatan tadarus.