Kunjungan P5, Belajar Produksi Sampai Muncul Ide Inovasi

  • Aug 14, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara – Sejumlah Siswa SMA N 1 Sigaluh yang merupakan salah satu kelompok siswa kelas X yang sedang melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mengunjungi P4S Ngudi Slamet yang berlokasi di Dusun Sidomulyo, Desa Prigi dalam upaya pengembangan produk lokal. Dalam kunjungan ini kelompok yang beranggotakan 7 orang dibersamai Ibu Zona Zolade Ohara atau Ibu Nala sebagai guru pendamping, siswa menggali informasi terkait proses produksi manisan salak, yang rencananya akan menjadi proyek produksi siswa.

“satu kebangaan P4S ngudi slamet menjadi pilhan untuk kelompok ini sebagai bahan kajian untuk P5 ini, harapannya sih kolaborasi nantinya tidak hanya selesai sampai program ini saja, tpi bisa sama sama membawa produk manisan salak semakin dikenal luas dan bisa menjadi solusi salak murah.” Kata Ibu Listiani, anggota P4S Ngudi Slamet.

Selama kunjungan, siswa/i didampingi pengurus P4S, relawan Rumah Zakat juga tim IAA Project sebagai tim dokumentasi berkesempatan mengetahui proses olahan manisan salak mulai dari pemilihan bahan baku, proses pengolahan hingga tahap pegemasan. Mereka juga melihat langsung proses pengolahan serta alat apa saja yang digunakan dalam produksi. Siswa/I ini juga sempat mencicipi produk manisan salak secara langsung.

Ibu Nala, mengungkapkan “kunjungan ini benar benar membuat kami memiliki gambaran mengenai proses produksi manisan salak, produk yang dihasilkan pun benar benar enak dan belum terpikir oleh kami sebelumnya, salak yang sering dihargai murah ternyata bisa menjadi manisan yang sangat menyegarkan, kami terinspirasi untuk mengembangan produk manisan salak dengan inovasi baru dalam kegiatan P5 ini, semoga produk lokal seperti manisan salak ini bisa semakin dikenal masyarakat luas dan bisa menjadi produk unggulan di Banjarnegara.”