Dukung UMKM Semakin Berdaya Melalui Pembukuan Sederhana

  • Aug 01, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara- salah satu program Rumah Zakat dalam memberdayakan UMKM yang ada di Dusun Sidomulyo, Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara adalah dengan pelatihan pembukuan sederhana. Harapannya dengan pembukuan ini pelaku UMKM akan lebih mudah dalam mengetahui besarnya pendapatan dan pengeluaran disetiap bulan, serta alokasi dari dana penjualan.

Salah satu pelaku UMKM yang sudah menerapkan pembukuan ini yaitu Ibu Nimah, seorang yang memiliki usaha sembako, bensin, dan makanan ringan. Dalam pembukuan ini bu Nimah mancatat semua transaksi keuangan dalam satu buku besar, mulai dari anggaran pengadaan barang, dana hasil penjualan, sampai anggaran yang digunakan ketika darurat keuangan.

Dalam prosesnya, bu Nimah di mentori Intan, salah satu tim IAA Project yang memang sudah memiliki pengalaman di bidang keuangan, selanjutnya disetiap bulan bu nimah akan melaporkan pencatatan tersebut, apakah sudah sesuai atau masih harus direvisi. Selanjutnya mentor akan melakukan evaluasi berdasarkan hasil pembukuan yang sudah dibuat.

Dari bulan bulan yang sudah dijalankan Ibu nimah merasa terbantu dengan adanya pembukuan ini, beliau mengatakan “awalnya saya kira pembukuan akan menyulitkan, dibayangan saya ribet kalau semua transaksi harus dicatat, tapi setetlah saya coba dan di mentori mba Intan, ternyata pembukuan tidak serumit itu, dan malah dengan adanya pembukuan pemasukan dan pengeluaran kan jadi lebih jelas, jadi mau di alokasikan kemana juga lebih mudah”