Dampak di Lingkungan Akibat Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

  • Jul 24, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara – Program Sedekah Sampah yang ada di Bank Sampah Sekar Wangi  Dusun Sidomulyo Desa Prigi yang merupakan Program Binaan Rumah Zakat menjadi salah satu program yang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga diikut sertakan dalam kunjungan tim PKK Kabupaten dalam acara penilaian PKK Kabupaten Banjarnegara. Dalam kegiatan ini ditampilkan simulasi pada saat warga mengumpulkan sampah ke pos pengumpulan, melakukan penimbangan sampah, dan transaksi ke pengepul.

 

Simulasi yang dilakukan perwakilan ibu-ibu RT 04 RW 06 ini tidak hanya menampilkan kegiatan Bank Sampah, tetapi juga menyanyikan beberapa yel -yel dan juga tepukan sebagai bentuk sambutan untuk tim penggerak PKK Kabupaten Banjarnegara. Dengan penuh semangat ibu-ibu ini menunjukan  bagaimana solidnya Bank Sampah mereka dan serunya berada di lingkungan yang peduli dengan sampah.

 

Yang dinilai pada kegiatan tersebut tidak hanya dilihat dari kelengkapan administrasi dari Bank Sampah, tetapi juga manfaat dari adanya Bank sampah yang dirasakan masyarakat, juga konsistensi kegiatan sedekah sampah ini, bnyak Bank sampah diluaran sana yang akhirnya bubar karena tidak adanya kekompakan dalam kelompok Bank Sampah itu sendiri.

 

Ibu Herta, salah satu tim PKK Kabupaten Banjarnegara menyebutkan “program Sedekah Sampah dusun Sidomulyo ini memiliki nilai unggul karena uang dari hasil penjualan tidak masuk menjadi tabungan pribadi tetapi untuk kas RT dan bisa digunakan Bersama-sama, sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan sendiri. Semoga program ini nantinya bisa tersebar ke seluruh desa, atau bahkan kabupaten maupun provinsi, jadi orang akan tau bahwa sampah yang kita sepelekan ternyata bisa menjadi kebaikan”

 

Hasil dari penjualan sampah biasanya dialokasikan untuk membeli keperluan umum, misalnya lampu penerangan jalan, sapu masjid, atau sabun cuci yang bisa digunakan ketika memcuci gorden atau pembatas sfat laki-laki dan perempuan. Selain itu dana sedekah sampah ini juga digunakan untuk dana sosial ketika ada orang yang dirawat di rumah sakit, maupun orang meninggal.

 

“alhamdulilah si dengan adanya sedekah sampah banyak yang mengaku sudah merasa terbantu, yang diberi berterimakasih, dan kita yang memberi merasa terbantu juga karena yang dulu dana sosial semua harus mengeluarkan uang sendiri kalau sekarang bisa memakai dana sedekah sampah.” Ujar Ibu Kino, salah satu anggota Bank Sampah Sekar Wangi.