Ajakan Berkebun Gizi Berkelanjutan dengan Bantuan Media Sosial

  • Jul 29, 2024
  • JAUZI IKHSAN

Banjarnegara _ sebagai upaya pemenuhan bahan makanan sehat dan bergizi, pemerintah Desa Prigi yang merupakan salah satu Desa binaan Rumah Zakat berkolaborasi Bersama IAA Project sebagai tim media membangun Kebun Gzi. Dimana didalam kebun tersebut terdapat berbagai macam tanaman, mulai dari sayuran, buah-buahan, dan berbagai tanaman herbal. Kebun yang terletak di samping balai Desa Prigi ini diharapkan mampu menjadi rollmodel bagaimana bisa menyediakan tanaman yang sehat dan bergizi meskipun dalam prosesnya tidak menggunakan pupuk kimia.

Kebun Gizi ini tidak hanya mengajak masyarakat untuk mulai menanam, tetapi juga bertujuan menyediakan sumber pangan yang sehat daa meningkatkan pentingnya pola makan sehat. Dengan menanam dan mengonsumsi hasil dari kebun sendiri, masyarakat dapat memperoleh sayuran dan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan mineral. Hal ini berkontribusi pada penurunan angka malnutrisi dan penyakit yang terkait dengan pola makan tidak sehat.

Melalui media sosial dengan bantuan IAA Project, diharapkan bisa memberikan ajakan kepada masyarakat untuk mampu mengembangkan kebiasaan sehat yang berkelanjutan, mulai dari menanam sampai mengolah makanan sendiri, yang tidak hanya meningkatkan kualitas gizi tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara warga masyarakat. dengan mengonsumsi makanan olahan sendiri masyarakat nantinya akan terbiasa mengurangi ketergantungan pada maknan olahan yang sering kali tinggi gula, garam dan lemak tidak sehat. Makanan bergizi juga nantinya akan berkontribusi pada Kesehatan keseluruhan, termasuk Kesehatan mental dan kesejahteraan emosional masyarakat.